Jadwal Pengiriman 15 Juli 2017 s.d 30 September 2017, Lihat Langkah Sukses Pengisian Aplikasi PMP 2017

Direktur Jenderal Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 20 Juni 2017 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 09/D/PD/2017 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia. Berdasarkan surat edaran dinyatakan bahwa pengiriman data pemetaan mutu tahun ajaran 2017/2018 dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2017 sampai dengan 30 September 2017.

Jadwal Pengiriman 15 Juli 2017 s.d 30 September 2017, Lihat Langkah Sukses Pengisian Aplikasi PMP 2017

Adapun seperti dikutip dari dirilis laman resmi pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berikut Langkah Sukses Pengisian Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) 2017.
  1. Pengiriman data PMP dr sekolah dibuka pada tanggal 15 Juli 2017 sesuai dengan surat edaran seiring diinformasikan dalam website resmi ini.
  2. Aplikasi PMP versi 2.0 kompatibel dengan Aplikasi Dapodik 2017 dan versi updater-nya. Sehingga sekolah dapat langsung mulai menginput data PMP tanpa harus menunggu updater terbaru dari Dapodik. Panduan Aplikasi akan dimuat di laman web PMP.
  3. Perbaikan dan peningkatan pelayanan pemetaan mutu pendidikan terus diupayakan oleh Ditjen Dikdasmen baik dari sisi infrastruktur maupun sarana prasarana pendukungnya, sehingga diharapkan tahun 2017 ini implementasi PMP dapat berjalan lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Disarankan agar selalu meng-update informasi di web dapodik dan PMP.
  4. Perbaikan dan optimalisasi aplikasi juga dilakukan dengan merilis Aplikasi PMP versi 2.0 dan Website PMP versi 2.0 dengan beberapa perbaikan dan penambahan fitur-fitur di dalamnya. Fitur tersebut diantaranya Optimasi metode kirim data yang lebih ringan, pemrosesan data, Login LPMP dan Dinas Pendidikan, Menu Raport Mutu, Sekolah Model, Menu Fasilitator, Menu Jadwal Pelatihan, dsb yang sekiranya dapat bermanfaat untuk implementasi PMP 2017.
  5. Adanya Feedback dan Tindak Lanjut dari Rilis Aplikasi PMP 2017. Sampai dengan akhir bulan Juli 2017 akan dilakukan evaluasi dari feedback yang kami terima selama pemetaan pasca rilis aplikasi berlangsung.

Tindak lanjut dari evaluasi pelaksanaan selama bulan Juli ini adalah antara lain:
  • Merilis Updater PMP versi 2.1 pada awal Agustus. (Tidak perlu melakukan install ulang, cukup dengan cek pembaharuan online atau install Updater PMP v2.1)
  • Me-reset Progress Pemetaan Mutu Tahun 2017 ke titik awal dan menampilkan kembali hasil Pemetaan tahun 2016 sebagai data histori apabila diperlukan.
  • Melengkapi dan menyempurnakan Website PMP secara progressif seiring saran dan masukan yang kami terima.
  • Manual Aplikasi PMP dan FAQ akan dimuat di laman web PMP sesuai dengan perkembangan dan perubahan aplikasi.
  • Bantuan Layanan Operator dapat menghubungi LPMP atau Dinas Pendidikan wilayah masing-masing yang selalu berkoordinasi dengan pusat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan dan semoga bermanfaat dalam pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan Ditjen Dikdasmen tahun 2017.

Selengkapnya dapat dilihat di sini, dan kunjungi di sini untuk info Surat Edaran Nomor 09/D/PD/2017 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018.

Terima kasih telah membaca Jadwal Pengiriman 15 Juli 2017 s.d 30 September 2017, Lihat Langkah Sukses Pengisian Aplikasi PMP 2017