Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan, dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal telah menerbitkan buku Panduan Penulisan Soal. Buku Panduan Penulisan Soal ini terbagi menjadi Panduan Penulisan Soal SD/MI, Panduan Penulisan Soal SMP/MTs, dan Panduan Penulisan Soal SMA/MA-SMK.
Panduan Penulisan Soal SD/MI SMP/MTs SMA/MA-SMK Tahun 2017
Kutipan Kata Pengantar Panduan Penulisan Soal SD/MI SMP/MTs SMA/MA-SMK Tahun 2017.
Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.
Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.
Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.
Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.
Selengkapnya dari laman http://siap.puspendik.kemdikbud.go.id, berikut di bawah ini link tautan untuk mengunduh Buku Panduan Penulisan Soal SD/MI SMP/MTs SMA/MA-SMK Tahun 2017.
Panduan Penulisan Soal SD/MI Tahun 2017
Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Tahun 2017
Panduan Penulisan Soal SMA/MA-SMK Tahun 2017
Terima kasih telah membaca Buku Panduan Penulisan Soal SD/MI SMP/MTs SMA/MA-SMK Tahun 2017