13/07/2016

Tahun Pelajaran Baru, Pentingnya Peran Orang Tua Mengantarkan Anak di Hari Pertama Sekolah

Sebagian besar sekolah di berbagai daerah di Indonesia akan memulai tahun pelajaran baru 2016/2017 pada Senin, 18 Juli 2016. Di tahun pelajaran baru 2016/2017 ini, sebagai orang tua ada beberapa hal atau peran penting yang mesti dipersiapkan menjejang masuknya Hari Pertama Sekolah (HPS). Salah satunya yakni para orang tua hendaknya dapat meluangkan waktu untuk mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama sekolah.

Tahun Pelajaran Baru, Pentingnya Peran Orang Tua Mengantarkan Anak di Hari Pertama Sekolah

Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak-anak, di mana anak-anak menggunakan sebagian waktunya di sekolah. Mereka mengisi 1/3 harinya dengan berkegiatan di sekolah, 5-6 hari dalam seminggu mereka belajar di sekolah serta bertahun-tahun mereka berkegiatan di sekolah.

Pentingnya peran orang tua mengantarkan anak di Hari Pertama Sekolah dikarenakan mengantar anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. Mengantar anak ke sekolah bukan hanya sekedar sampai gerbang lantas pergi, melainkan mengantar berarti menemani dan membangun interaksi dengan guru dan orang tua murid lainnya. Hari Pertama Sekolah adalah awal perjalanan panjang anak-anak di rumah keduanya.

Selain pentingnya peran orang tua mengantarkan anak di Hari Pertama Sekolah, berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan orang tua di Hari Pertama Sekolah :
  • Berkenalan dengan wali kelas, guru serta kepala sekolah
  • Bertukar nomor telepon dengan wali kelas, guru dan kepala sekolah
  • Mengepresiasi guru yang mendidik anak-anak kita
  • Menceritakan kondisi dan karakter anak saat di rumah
  • Bertanya dan memberi masukan mengenai pembelajaran satu tahun ke depan
  • Menawarkan bantuan untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan penunjang pembelajaran
  • Berkenalan dengan orang tua lainnya dan saling bertukar nomor telepon

Unduh Infografis Hari Pertama Sekolah yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di sini www.kemdikbud.go.id.