03/08/2016

Mengenal Logo Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Beserta Arti dan Maknanya

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atau biasa disingkat Kementerian PANRB adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kementerian PANRB dipimpin oleh seorang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau disingkat Menteri PANRB.

Mengenal Logo Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Beserta Arti dan Maknanya

Sama seperti Kementerian lainnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga memiliki Logo atau lambang yakni simbol yang digunakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Logo ini digunakan sebagai logo resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berikut merupakan rincian tentang makna yang terkandung dalam Logo yang digunakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi seperti terlampir di atas.

Latar Belakang

Luas dan kompleksnya cakupan tugas dan fungsi Kementerian PAN dan RB;
Logo harus dapat ditafsirkan sebagai pernyataan bahwa baik kebijakan maupun tindakan Kementerian PAN dan RB ke depan senantiasa berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni pemerintahan yang mampu menjawab tantangan jaman
Oleh karena itu, logo didesain sedemikian rupa sehingga secara filosofis mencerminkan sifat-sifat kebaharian (visi bahari, etika bahari, kepemimpinan bahari, hukum bahari dan filsafat bahari) yang digambarkan sebagai roda kemudi kapal atau disebut kybernan (berasal dari kata kibernology), dimana Kementerian PAN dan RB sebagai pengemudinya.

Bentuk oval

Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan ketegaran dan keseimbangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam mengemban visi reformasi birokrasi untuk menciptakan aparatur negara yang profesional, visioner, netral, tidak berpihak dan menghasilkan kinerja (output dan outcome) yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat.

Roda Kemudi Kapal

Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan peran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai pengemudi dalam memimpin dan mengelola perumusan kebijakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, agar tugas-tugas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

8 jari-jari roda kapal

Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan:
8 (delapan) asas umum pemerintahan yang baik, yaitu kepastian hukum, keseimbangan, ketidakberpihakan, kecermatan, tidak melampaui dan/atau tidak menyalahgunakan dan/atau mencampuradukkan kewenangan, keterbukaan, profesionalitas, dan kepentingan umum.
8 (delapan) penjuru angin yang bermakna sebagai kewilayahan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa (Bhinneka Tunggal Ika).

Buku / Himpunan Peraturan

Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan hasil kerja (output) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berupa produk-produk kebijakan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah, hukum, politik dan sosiologis dan selanjutnya untuk dilaksanakan sebagai acuan oleh seluruh jajaran aparatur negara, baik di pusat maupun di daerah.

7 garis pada buku / himpunan peraturan

Menyiratkan makna simbolik 7 (tujuh) nilai dasar yang memberikan motivasi dalam bekerja, yaitu menjunjung tinggi kejujuran, bekerja dengan penuh tanggung jawab, berpola pikir visioner (jauh ke depan), menegakkan disiplin, mengutamakan kerjasama, bertindak adil dalam berperilaku, serta peduli terhadap sesama dan lingkungan.

Lingkaran kecil berwarna hitam yang mengapit tulisan "MELAYANI MASYARAKAT"

Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan kesungguhan dan komitmen Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam menekankan pentingnya fungsi pelayanan kepada masyarakat yang harus diemban oleh seluruh aparatur negara, baik di pusat dan di daerah.

Warna

Warna dasar krem.
Makna psikologis: suci, bersih, jujur dan setia.
Makna simbolis: kesetiaan dan kejujuran dalam pengabdian.

Warna biru muda pada tulisan "KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI"
Makna psikologis: dinamis, responsif, kuat dan cerdas.
Makna simbolis: lega, arif, harapan dan optimisme yang kuat.

Warna biru tua pada tulisan "MELAYANI MASYARAKAT".
Makna psikologis: teguh, tenang, dan rasional.
Makna simbolis: menyiratkan keuletan dan semangat dalam mencapai cita-cita.

Warna cokelat tua pada kemudi.
Makna psikologis: tabah dan tahan uji.
Makna simbolis: mantap dan konsisten dalam tujuan.

Warna kuning pada lingkaran bagian dalam pada kemudi kapal.
Makna psikologis: kreatif, enerjik, semangat untuk maju.
Makna simbolis: koordinasi dan kerjasama.

Tulisan

Tulisan melingkar: "KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI"
merupakan nama atau nomenklatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tulisan: "MELAYANI MASYARAKAT"
Menyiratkan makna simbolik yang menjelaskan bahwa fungsi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi adalah mengkoordinasikan pembangunan dan pendayagunaan seluruh jajaran aparatur negara di semua lini dan semua aspek agar memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sumber : www.menpan.go.id