30/08/2016

Melihat dan Mengecek Progres Data Pengiriman Sinkronisasi Dapodik 2016/2017 di Website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Saat ini dan di tahun pelajaran 2016/2017 ini pendataan data pokok pendidikan (Dapodik) bagi seluruh satuan pendidikan atau sekolah di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menggunakan aplikasi Dapodik terbaru 2016. Aplikasi Dapodik versi 2016 digunakan untuk mendata 4 (empat) entitas data pokok pendidikan, yaitu data satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, serta substansi pendidikan. Data pada Aplikasi Dapodik bersifat individual, maka keempat entitas data pokok pendidikan tersebut harus diisikan secara lengkap dan terperinci mencakup semua atributnya.

Melihat dan Mengecek Progres Pengiriman Sinkronisasi Data Dapodik 2016/2017 di Website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Bagi sekolah yang telah melakukan pengiriman atau sinkronisasi Dapodik melalui aplikasi Dapodik ke server pusat Dapodik, dapat melihat dan mengecek kesesuaian data yang ada pada aplikasi Dapodik dengan data yang terkirim di server pusat Dapodik. Pengecekan hasil pengiriman atau sinkronisasi Dapodik dapat dilihat dan dicek pada menu Progres Data yang tersedia di laman website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Untuk melihat dan mengecek progres data pengiriman sinkronisasi Dapodik di website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berikut langkah-langkahnya.

1. Cek Progres Data di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Kunjungi laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id;
  • Pilih dan klik menu Progres Data;
  • Setelah terbuka, secara berurutan pilih dan klik pada Nama Provinsi - Kabupaten/Kota - Kecamatan;
  • Melihat dan Mengecek Progres Data Pengiriman Sinkronisasi Dapodik 2016/2017 di Website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Pada halaman Nama Sekolah, dapat dilihat Progres Data terkait terakhir sinkronisasi (Last Sync), jumlah sinkron serta data peserta didik (PD), Rombel, Guru, Pegawai, dan Ruang Kelas;
  • Klik pada Nama Sekolah untuk melihat Progres Data terkait Validasi Data, Profil, Rekapitulasi dan Kontak.

2. Login Operator Sekolah di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Adapun selanjutnya untuk lebih memastikan kualitas data yang telah dikirim atau disinkron, dapat dilihat dan dicek dengan Login Operator Sekolah. Untuk Login, klik tombol login yang berada di sudut kanan atas laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Pilih Operator Sekolah, lalu masukkan username dan password yang digunakan pada login aplikasi Dapodik, atau gunakan kode registrasi sekolah.