Inilah Cara Memasang / Mekanisme Update Aplikasi Dapodik Versi 2016

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2016 Versi 2016 SD/SMP/SLB dan SMA/SMK pada Jumat, 30 Juli 2016. Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini sebagai langkah tindak lanjut untuk menyatukan Aplikasi Dapodik (front-end) untuk jenjang Pendidikan Dasar (Dapodik SD/SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah (Dapodik SMA/SMK).

Inilah Cara dan Mekanisme Update Aplikasi Dapodik Versi 2016

Pengumuman Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini oleh Tim Dapodikdasmen disampaikan melalui website resminya dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Untuk infonya dapat dilihat di sini, serta dapat dilihat juga di sini Surat Edaran Dirjen Dikdasmen yang berisi informasi Pemutakhiran Dapodik Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 Paling Lambat 31 Agustus 2016.

Terkait cara atau mekanisme update Aplikasi Dapodik 2016, seperti informasi yang disampaikan Admin Dapodikdasmen melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dalam rilis tanggal 31 Juli 2016, berikut langkah-langkahnya.

Mekanisme Update Aplikasi Dapodik 2016

Aplikasi Dapodik 2016 telah dirilis, maka diarahkan semua sekolah (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) segera melakukan update Aplikasi Dapodik untuk kemudian melanjutkan dengan melakukan update data di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan/diperhatikan oleh operator Dapodik terkait teknis upgrade Aplikasi Dapodik 2016 adalah sebagai berikut:

A. Hapus/Uninstall Aplikasi Dapodik versi lama (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0**) :
  1. Lakukan penghapusan/uninstall Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 sampai tuntas.
  2. Lakukan penghapusan/uninstall Aplikasi Dapodik SMA/SMK 8.4.0 sampai tuntas
  3. RESTART komputer.

B. Install Aplikasi Dapodik 2016 :
  1. Download INSTALLER Dapodik 2016 pada laman unduhan website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Lakukan instalasi aplikasi Dapodik 2016 sampai dengan selesai.

C. Registrasi OFFLINE

Bagi daerah dengan keterbatasan akses internet (tidak ada akses internet/kurang stabil) dapat menggunakan metode Registrasi secara offline. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Download file prefill dapat dilakukan di link berikut ini:

2. Pelajari dengan seksama ketentuan generate ulang prefill sebagai berikut:
  • Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline
  • Generate prefill merupakan data hasil sinkronisasi terakhir sekolah
  • Masukkan username, password yang lama dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik. Jika lupa username / password silakan hubungi admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk direset ulang.
  • Untuk sekolah baru, hubungi KKDATADIK Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk aktivasi username dan password
  • Saat registrasi di aplikasi, isikan username dan password sesuai pada waktu unduh prefill
  • Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/ terhubung internet
  • Dinas Pendidikan Kab/Kota dapat membantu men-generate prefill Sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id [dengan ketentuan: akun yang digunakan ketika proses registrasi harus sama dengan ketika proses generate prefill]
  • Jangan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama), jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
  • Kode registrasi, username dan password dapat di-reset oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota jika diperlukan (terjadi pergantian operator)
  • Seluruh proses di atas TANPA DIPUNGUT BIAYA

3. Download dan letakkan file prefill pada direktori C:\prefill_dapodik

4. Jalankan Aplikasi Dapodik 2016, kemudian klik tombol "Registrasi".

5. Pada halaman Registrasi Dapodik isikan data dengan lengkap:
  • Kolom Jenis Registrasi, pilih OFFLINE
  • Isikan kode registrasi sekolah
  • Kolom Jejang pilih sesuai jejang sekolah
  • Username (email) isikan username yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya dan yang telah digunakan untuk download prefill, untuk sekolah baru gunakan username yang diberikan oleh Dinas.
  • Password isikan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya dan yang telah digunakan untuk download prefill, untuk sekolah baru gunakan password yang diberikan oleh Dinas.
  • Konfirmasi Password isikan kembali password yang sama seperti diisikan sebelumnya.

6. Setelah diisi lengkap, klik tombol “SUBMIT” maka proses registrasi berlangsung dan tunggu sampai dengan selesai.

D. Registrasi ON LINE

Bagi daerah dengan akses internet yang bagus dan stabil maka dapat menggunakan metode Registrasi secara online. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Jalankan Aplikasi Dapodik 2016, dan pada halaman login silahkan klik pada tombol "Registrasi".

2. Pada Halaman Registrasi Dapodik isikan data dengan lengkap:
  • Kolom Jenis Registrasi pilih ON LINE
  • Kode Registrasi isikan kode registrasi sekolah
  • Kolom Jejang pilih pilih sesuai jejang sekolah
  • Username (email) isikan username yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya dan yang telah digunakan untuk download prefill, untuk sekolah baru gunakan username yang diberikan oleh Dinas.
  • Password isikan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya dan yang telah digunakan untuk download prefill, untuk sekolah baru gunakan password yang diberikan oleh Dinas.

3. Setelah diisi lengkap, klik tombol “SUBMIT” maka proses registrasi berlangsung dan tunggu sampai dengan selesai.

Informasi resmi Mekanisme Update Aplikasi Dapodik 2016, dapat dilihat di SINI.

Unduh Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 di SINI.
Back To Top