Maksud dan Tujuan Peringatan Hari Pahlawan 2016

Hari Pahlawan diperingati pada setiap tanggal 10 November. Peringatan Hari Pahlawan merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun, dan di tahun 2016 ini bangsa Indonesia kembali akan memperingati Hari Pahlawan yang dilaksanakan mulai dari pusat hingga ke daerah.

Maksud dan Tujuan Peringatan Hari Pahlawan 2016

Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang yang telah mengabdikan hidupnya demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa yang telah diperjuangkan para pahlawan dan pejuang untuk membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia kiranya dapat menggugah bangsa Indonesia untuk bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu negeri hingga kita dapat berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia dan tidak dipandang sebelah mata.

Memperingati Hari Pahlawan 2016, Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 bersama Kementerian Sosial RI telah menerbitkan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016. Pedoman ini sebagai acuan dalam menyelenggarakan peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 di pusat, daerah maupun luar negeri.

Berdasarkan pedoman tersebut, adapun Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 yang diusung yakni "Satukan Langkah Untuk Negeri". Melalui tema ini, hal ini setidaknya mengingatkan pada kita semua untuk bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri dan lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi maupun golongan yang akhir-akhir ini nampaknya sering terjadi bahkan sampai menimbulkan konflik.

Berikut merupakan Maksud dan Tujuan Peringatan Hari Pahlawan 2016.

Maksud :

Mengenang dan memperingati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

Tujuan :
  • Membangun ingatan kolektif dan kesadaran berbangsa dan bernegara.
  • Memperkokoh Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial.
  • Meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Amanat Menteri Sosial RI Pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016
Labels: Hari Nasional
Back To Top