12/10/2016

Cek Progres Pengiriman Data PMP Dikdasmen Kemdikbud

Untuk melihat dan mengecek progres pengiriman data PMP yang telah dikirim dari aplikasi PMP apakah sudah terkirim atau belum, dapat dilihat dan dicek secara online melalui laman website resmi PMP Dirjen Dikdasmen di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Cek Progres Pengiriman Data PMP Dikdasmen Kemdikbud

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengembangkan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Adanya Aplikasi PMP diharapkan dapat memberikan fasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan sistem penjaminan mutu dalam rangka memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan nyata di lapangan.

Aplikasi PMP dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kaidah-kaidah Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Di dalam aplikasi PMP tersedia kuesioner untuk setiap stakeholder sekolah yang digunakan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Secara teknis Aplikasi PMP bersifat komponen opsional (add ons/pengaya) dari Aplikasi Dapodik, maka Aplikasi PMP akan dapat diinstall dan berjalan jika dikomputer tersebut telah ter-install Aplikasi Dapodik. Secara otomatis Aplikasi PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya Aplikasi PMP akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut.

Adapun untuk melakukan pengecekan status kirim data setelah data PMP dari aplikasi PMP dikirim ke server, dapat dilihat dan dicek melalui laman website PMP Dirjen Dikdasmen di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Berikut langkah-langkahnya.

Kunjungi http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, lalu pilih atau klik pada menu Progres Kirim.

Setelah halaman terbuka, laman progres kirim data akan menampilkan progres kirim nasional atau progres pengiriman data berdasarkan wilayah. Untuk melihat dan mengecek progres kirim sekolah, klik pada Nama Propinsi lalu Nama Kabupaten, Nama Kecamatan, dan pada Nama Sekolah untuk melihat detil. Semoga bermanfaat.

Update :

Lihat juga Info Penambahan Waktu Cut Off Pengisian Instrumen Aplikasi PMP di sini serta di sini untuk Jadwal Pengiriman Data PMP Berdasarkan Wilayah.